Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGHITUNG JUMLAH SEMEN YANG HARUS DIPESAN

TUJUAN:  Untuk mengetahui jumlah zak semen yang harus dipesan untuk membangun suatu benda dari beton.  Semen bisa dalam zak ukuran 40 kg/zak atau 50 kg/zak, dan boleh untuk beton dengan campuran 1:2:3 atau 1:2:4 yang sering dipakai di lapangan.

CARA MENGHITUNG:

Seleksi proporsi campuran beton ditentukan oleh perancang.  1:2:3 lebih kuat daripada 1:2:4, tetapi 1:2:4 cukup kuat untuk banyak macam bangunan yang tidak perlu kekuatan yang tinggi, seperti pekerjaan rabat beton atau fondasi.  Ukuran zak semen tergantung apa yang ada di pasar.
Rasio 1:2:3 merupakan perbandingan volume bahan yang dipakai untuk membuat beton.  Beton terdiri dari Semen PC, pasir, dan batu split (batu pecah kecil).  Rasio 1:2:3 berarti untuk tiap ember semen, harus pakai dua ember pasir dan empat ember split, ditambah sejumlah air bersih.  Ada rasio lain yang juga dapat dipakai, dan perhitungannya sedikit berbeda.

Untuk memudahkan pengecekan pekerjaan, boleh menggunakan kotak di bawah ini:

CONTOH SOAL:

Berapa zak semen diperlukan untuk membangun rabat beton seperti yang digambar di bawah ini, dengan menggunakan beton 1:2:4 dan zak yang 50 kg/zak.
image
Langkah pertama adalah untuk menghitung volume, dengan rumus panjang kali lebar kali tebal, tetapi semua harus pakai satuan yang sama.
                                Volume adalah   100 meter X 0,15 meter   X 0,60 meter = 9,0 M3
Kubutuhan semen adalah 6,5 zak per tiap M3, atau
9,0 M3 X 6,5 zak/M3 =  58,5 zak               Beli 59 zak.

Proses Pembuatan Beton yang Baik dan Benar

(sumber:berbagai sumber)

Post a Comment for "CARA MENGHITUNG JUMLAH SEMEN YANG HARUS DIPESAN"